4 konten youtube tentang batik

4 Konten YouTube tentang Batik yang Wajib Ditonton

1 Shares
1
0
0
0

Belajar tentang batik sekarang jadi mudah dan dekat. YouTube adalah salah satu tempat menyenangkan untuk mengenal batik lebih dalam karena di sana banyak bermunculan video-video tentang batik. Berikut rekomendasi konten batik di YouTube untuk Kawan Wastra:

1. SEKAR

Kanal: Indonesia Kaya
Durasi: 7:50
Produser: Bakti Budaya Djarum Foundation, Titimangsa Foundation, FourColous Film
Sutradara: Kamila Andini

Sekar merupakan film fiksi yang bercerita tentang kehidupan seorang anak dari perajin dan pengusaha batik tulis bernama Sekar. Sekar dan ibunya membagikan makna batik yang merupakan bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

Film ini memberikan perspektif berbeda tentang batik. Kita diajak untuk melihat sudut pandang Sekar yang buta dan bagaimana dia tetap dapat menikmati keindahan batik. Cerita ini menunjukkan pengalaman mengeksplorasi batik dengan cara yang tidak biasa.

Dalam salah satu adegannya, dimunculkan juga dialog menggelitik antara sang Ibu dan karyawan tentang pembeli yang datang dan mengapresiasi, tapi begitu diberitahu harga batiknya, pembeli mulai membandingkan dengan batik-batik di media sosial. Adegan ini memotret realitas yang masih sering dilakukan orang-orang Indonesia pada batiknya. Bagian menggelitik ini ditutup dengan jawaban bijak sang Ibu, bahwa perlu waktu bagi masyarakat untuk  lebih mengerti. Semoga ketika orang-orang ini mengerti, batik masih lestari.

2. INDONESIAN BATIK

Kanal: UNESCO
Durasi: 7:05
Produser: Yayasan Kadin Indonesia dan Lembaga Museum Batik Indonesia
Sutradara: Chandra Endroputro

Indonesian Batik diunggah menjelang pengakuan UNESCO akan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Video ini menjelaskan tentang pengetahuan-pengetahuan mendasar tentang batik. Sebuah tontonan yang cocok bagi Kawan Wastra yang ingin membuka perkenalan tentang batik.

Tahun ini adalah tahun kesebelas kita merayakan batik di setiap tanggal 2 Oktober. Pengakuan UNESCO akan batik bukanlah merupakan hasil akhir. Ketika diakui UNESCO, artinya batik menjadi milik masyarakat di seluruh dunia. Hal itu tidak cukup untuk melindungi kebudayaan kita ini. Perlu ada upaya untuk melestarikan dan memajukan batik oleh ahli waris kebudayaan ini sendiri.  

3. SERI BATIK NEGERIKU

Kanal: Indonesia Kaya
Durasi: 1:31 dan 1:51
Produser: Bakti Budaya Djarum Foundation

Baca Juga:  Wastra: Macam & Ragam

Untuk Kawan Wastra yang lebih menyukai video singkat, Seri Batik Negeriku ini wajib ditonton. Dalam waktu kurang dari 5 menit, kalian sudah bisa memahami jenis-jenis dan proses pembuatan batik. Perpaduan antara gambar yang menarik dan penjelasan dengan poin-poin membuat seri video ini mudah sekali untuk dicerna.

Kalau kalian sudah sering mendengar tentang batik tulis, cap dan print tapi masih bingung bagaimana mengenalinya, episode pertama Seri Batik Negeriku akan menjawab rasa penasaran kalian. Kita juga akan diajak untuk memahami macam-macam batik yang tersebar di penjuru negeri. Selanjutnya di bagian kedua seri ini, kita diberikan gambaran detil proses pembuatan batik dari awal sampai siap dikenakan.

4. SERI #CERITABATIK

Kanal: Iwet Ramadhan
Durasi: 4 – 19 menit
Produser: Aldo Sinarta (Seen Art Production)
Ide Cerita: Iwet Ramadhan

Setelah beberapa video pendek tentang batik, sekarang waktunya kita mengenal batik lebih dalam. Lewat seri #CERITABATIK ini kita akan menemukan berbagai macam informasi tentang batik yang terbagi dalam 10 episode. Iwet Ramadhan mengajak kita untuk memahami sejarah, arti, sampai  proses pembuatan batik, serta cara membedakan batik yang beredar saat ini, yaitu batik tulis, cap dan print. Kemudian kita dibawa untuk mengenali batik Yogyakarta dan Solo, memahami arti motif batik pedalaman, berkenalan dengan batik pesisiran beserta artinya, lalu kita menuju ke Bengkulu untuk melihat kain besurek dan perjalanan berakhir dengan cerita tentang kain gendong. Sebuah pengalaman wastra yang mengasyikan untuk dinikmati di manapun kalian berada.

Itu tadi konten YouTube rekomendasi Wastra Raya untuk belajar tentang batik. Dengan meluangkan waktu mengunjungi kanal-kanal YouTube di atas, Kawan Wastra sudah berperan aktif sebagai ahli waris untuk melestarikan batik. Mari kita terus merayakan wastra bersama!

1 Shares
You May Also Like
Tenun Ikat berwarna orange

Apa itu Wastra?

Wastra, wastra, wastra. Mungkin kita sering mendengar kata ‘wastra’. Mungkin kita sering datang ke acara-acara bertema wastra. Mungkin…