Ulos II: Kolaborasi untuk Merawat Pengetahuan // Renny Manurung

0 Shares
0
0
0
0

Dalam perjalanan menelusuri jejak ilmu pengetahuan leluhur, keputusan Renny Manurung, pendiri Dame Ulos untuk memberikan tempat khusus bagi proses revitalisasi ulos merupakan pilihan yang tepat. Walaupun sudah diawali dengan niat yang baik, dalam praktiknya pekerjaan untuk menghidupkan kembali ulos ini tidak mudah untuk dilakukan. 

Sebagai identitas masyakarat Batak, motif dan filosofi ulos tentunya penting untuk diketahui dan dimaknai. Pada tahap awal pelestarian ini saja, kain khas Sumatera Utara ini masih menghadapi tantangan karena pemaparan tentang konsep ulos yang beredar di masyarakat umum seringkali masih kurang tepat. Penetapan hari ulos di setiap tanggal 17 Oktober juga merupakan cara lain untuk merawat budaya kain ini dan sebagai sebuah dukungan agar informasi tentang ulos juga menjangkau lebih banyak orang. Untuk memperpanjang umur pengetahuan ulos, kolaborasi antara penenun dengan anak muda, desainer, kolektor serta pemerintah, tentu akan menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi oleh ulos. 

Baca Juga:  Semangat Muda dalam Wastra // Brina Paska

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk terlibat dalam merawat pengetahuan ulos? Dengarkan cerita Renny dalam episode ulos bagian kedua ini di podcast Wastra Raya yang tersedia di Spotify, Anchor dan Google Podcasts.

Salam #WastraRaya untuk #IndonesiaRaya!

Listen on Anchor.fm | Google Podcasts

0 Shares
You May Also Like